Minggu, 08 Agustus 2010

Kelainan Pada Kuku

Kelainan Bentuk dan Perubahan Warna Kuku

DEFINISI
Sekitar 50% kelainan bentuk kuku disebabkan oleh infeksi jamur hasil terakhir dari berbagai penyebab, termasuk trauma, psoriasis, lichen planus, dan kanker sementara. Obat-obatan, infeksi dan penyakit dapat menyebabkan perubahan warna kuku (chromonychia). Contohnya, infeksi dengan bakteri pseudomonas dapat menyebabkan perubahan warna kuning kehijauan

Birth Deformities : Beberapa bayi dilahirkan tidak berkuku (anonychia). Pada nail-patella syndrome , kuku hilang atau mengecil berlubang dan bergelombang. Penyakit Drier menyebabkan bercak warna merah dan putih pada kuku dan membentuk sudut V yang tajam pada ujung kuku.

Deformities berhubungan dengan penyakit : kadangkala ,penyakit yang berhubungan dengan organ-organ lain bisa menyebabkan perubahan pada kuku juga.

Pada sindrom plummer-vinson, banyak orang mengalami lekukan, kuku berbentuk-sendok (koilonychias).
• Orang dengan kekurangan zat besi bisa juga mengalami kuku berbentuk sendok
• Gagal ginjal bisa menyebabkan sebagian bawah kuku menjadi putih dan sebagian ujung kuku menjadi merah jambu atau nampak berpigmen (setengah dan kuku setengah)
• Sirosis hati bisa menyebabkan kuku menjadi putih, meskipun bagian yang sangat ujung pada kuku bisa tetap pinker (kuku terry). Kadar rendah protein darah disebut albumin (yang bisa terjadi pada orang dengan sirosis hati) bisa menyebabkan garis putih yang horizontal terbentuk pada kuku.
• Beberapa penyakit paru-paru bisa menyebabkan sindrom kuku kuning, dimana kuku menjadi tebal, terlalu melengkung, dan berwarna kuning atau kuning kehijauan.
• Lymphedema, penumpukan cairan lymphatic pada jaringan, juga bisa menyebabkan sindrom kuku kuning.
• Orang yang mengalami infeksi virus immunodeficiency manusia (HIV), hyperthyroidism, atau sindrom cushing bisa mengalami melanonychia striata
Kelainan bentuk yang berhubungan dengan penyakit kulit

Kadangkala, penyakit kulit juga mempengaruhi kesatuan kuku dan bisa merubah penampilan kuku. Beberapa obat-obatan diberikan untuk mengobati penyakit kulit bisa merubah piringan kuku. Misalnya, retinoid, seperti isotretinoin dan etretinate, bisa menyebabkan kekeringan dan kerapuhan pada kuku.
• Pada psoriasis, kuku bisa mengalami lubang tidak teratur (tekanan kecil pada permukaan kuku), bercak minyak (bercak kuning kecoklatan dibawah kuku), memisahkan piringan kuku dari alas kuku (onycholysis), dan menebalkan dan menjadi hancur pada piringan kuku.
• Lichen planus pada alas kuku menyebabkan luka parut dengan kuku lebih cepat membubung dan pecah, kemudian menyebabkan pterygium terbentuk. Pterygium pada kuku tergores dari dasar kuku keluar dalam bentuk V, yang menyebabkan hilangnya kuku.
• Orang dengan aloprecia areata, sebuah gangguan dimana bulatan, tambalan yang tidak teratur pada rambut tiba-tiba hilang, bisa mengalami lubang kuku teratur yang membentuk sebuah pola.
• Trachyonychia –keras, kuku buram-bisa terjadi dengan aloprecia areata, lichen planus, penyakit kulit atopic, dan psoriasis. Trachyonychia lebih sering terjadi pada anak-anak.
Obat-obatan : obat-obatan berbeda menyebabkan perubahan warna pada kuku, yang biasanya menjadi sembuh setelah obat dihentikan dan kuku bertumbuh.
• Obat-obatan kemoterapi seperti bleomycin bisa menyebabkan piringan kuku menjadi gelap (hyperpigmentation). Pigmen horizontal (transverse) atau kumpulan berwarna putih bisa juga terlihat pada orang yang diobati dengan obat-obatan kemoterapi tertentu.
• Choloroquine, sebuah obat yang digunakan dalam pengobatan infeksi parasit dan jenis penyakit autoimmune tertentu, bisa menyebabkan alas kuku menjadi biru-kehitaman.
• Perak, yang bisa diserap setelah berhubungan dengan okupasi atau melalui penggunaan suplemen makanan mengandung protein perak colloidal, bisa menyebabkan kuku menjadi biru keabu-abuan gelap.
• Obat-obatan yang mengandung emas, yang kadangkala digunakan dalam pengobatan rheumatoid arthritis, bisa merubah kuku terang atau cokelat gelap.
• Minocycline, sebuah antibiotik, bisa menyebabkan perubahan warna biru.
• Zidovudine (AZT), sebuah obat untuk mengobati infeksi HIV, bisa menyebabkan garis longitudinal cokelat-kehitaman. Meskipun begitu, garis ini bisa juga terdapat pada orang yang mengalami AIDS tetapi tidak menerima AZT.
• Racun arsenik keras bisa menyebabkan garis putih horizontal untuk terbentuk pada kuku.
Melanonychia striata : melanonychia striata adalah garis cokelat-kehitaman pada piringan kuku disebabkan oleh pigmen melamin cokelat. Garis tersebut meluas dari dasar kuku menuju ujungnya. Pada orang berkulit gelap, garis ini kemungkinan normal dan tidak memerlukan pengobatan. Perubahan Pigmen serupa bisa juga disebabkan oleh tahi lalat atau kanker kulit disekitar atau dibawah kuku, sehingga dokter perlu untuk meneliti kulit disekitarnya.

Onychogryphosis : Onychogryphosis adalah gangguan dimana kuku, paling sering pada ibu jari kaki, menjadi menebal dan menjadi sangat bengkok, tampak melengkung (kuku terompet ram). Kuku yang melengkung seperti kait bisa melukai jari kaki diantaranya dan disebabkan oleh salah satu sisi pada kuku berkembang cepat dibandingkan yang lain. Gangguan ini meliputi kerusakan pada alas kuku, yang paling sering disebabkan oleh luka berulang (seperti oleh sepatu yang tidak pas), tetapi bisa juga terjadi pada gangguan seperti psoriasis. Onychogryphosis umum pada orang tua. Kuku tersebut harus dirapikan, dan luka disekitar jari kaki bisa dicegah dengan menempatkan kapas diantara jari kaki. Alas kaki atau stocking yang bersamaan oada jari kaki harus dihindari.

Onycholysis : Onycholysis adalah pemisahan piringan kuku dari alas kuku atau piring kuku yang hilang sepenuhnya. Yang bisa terjadi dari trauma (seperti pada gerak jalan atau bermain ski dalam waktu lama dengan alas kaki yang tidak pas) ; dari terlalu semangat membersihkan kuku; dengan penyakit seperti psoriasis dan thyrotoxicosis, atau dari bersentuhan dengan bahan kimia atau obat-obatan tertentu. Obat-obatan yang menyebabkan onycholysis termasuk doxorubicin, bleomycin, captopril, 5-fluoroyricil, dan retinoid. Obat-obatan lain, termasuk tertracycline, psoralen, fluoroquinolone dan quinine, bisa menyebabkan onycholysis paling sering ketika kuku bersentuhan dengan sinar matahari (photo-onycholysis).

Orang dengan onycholysis berada pada resiko infeksi dengan cendawan dan jamur. Menjada kuku tetap kering dan menggunakan anti jamur preparat pada unit kuku bisa membantu. Onycholysis bisa terjadi pada orang dengan infeksi jamur.

Onychotillomania : orang dengan gangguan ini mencongkel dan menyobek kuku mereka. Manifestasi paling umum adalah kelainan bentuk kebiasaan yang tidak disengaja, dimana orang tersebut sering mencongkel atau menggesek kutikula pusat dengan kuku sebelahnya. Hal ini paling sering terlihat pada ibu jari dan menyebabkan penampilan seperti papan cuci pada pusat piringan kuku. Onychotillomania bisa juga menyebabkan pendarahan dibawah kuku (wasir subungual), infeksi pada unit kuku, dan bahkan piringan kuku yang hilang sepenuhnya.

DIAGNOSA
Dokter sering membuat diagnosa dengan pemeriksaan . Namun demikian , untuk mengkonfirmasikan diagnosa , dokter perlu mengambil contoh jamur dan melakukan kultur (cara menumbuhkan organisme di laboratorium ).
PENGOBATAN
Jika penampilan kuku tidak membaik dengan pengobatan pada penyakit yang ada, merawat tangan dapat mengaburkan kerusakan dengan menghias dan mengkilatkan.


Kondisi Kuku Menunjukkan Gejala Penyakit

Kuku dengan garis menghitam di tengahnya.

Kondisi kuku Anda dapat memberikan pertanda akan kesehatan Anda secara keseluruhan? Sedikit rona pucat di satu sisi, atau semburat kemerahan di sisi yang lain, beberapa kerutan atau memar, juga bisa merupakan tanda suatu penyakit. Masalah pada liver, paru-paru, dan jantung, adalah beberapa di antaranya. Coba lihat apakah kuku Anda terlihat seperti ini.

Kuku pucat. Kuku yang pucat bisa terjadi saat usia semakin menua. Namun kuku yang tidak segar lagi juga menjadi pertanda penyakit yang lebih serius, seperti anemia, diabetes, gagal jantung, penyakit liver, atau malnutrisi.
Kuku putih. Jika seluruh permukaan kuku cenderung putih dengan lingkarang yang lebih gelap, hal ini dapat mengindikasikan masalah liver, seperti hepatitis atau penyakit kuning.
Kuku kuning. Salah satu penyebab paling umum dari kuku yang kuning adalah infeksi jamur. Begitu infeksi ini memburuk, lapisan kuku akan menarik kembali, lalu kuku akan menebal dan hancur. Dalam kondisi yang lebih parah, meskipun jarang, kuku yang kuning mengindikasikan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid yang parah atau psoriasis.
Kuku yang membiru. Kuku dengan semburat warna biru bisa menunjukkan bahwa tubuh kekurangan oksigen. Hal ini juga dapat mengindikasikan infeksi paru-paru, seperti pneumonia.
Kuku yang berkerut. Jika permukaan kuku berkerut, garis pada bagian ujungnya terlihat mulai berbaur dengan permukaan kuku, atau memiliki lubang-lubang kecil yang samar, kemungkinan merupakan gejala awal psoriasis atau radang sendi.
Kuku mengelupas. Kuku yang kering dan rapuh yang berulangkali mengelupas atau patah seringkali dikaitkan dengan penyakit tiroid. Mengelupas, apalagi jika ada rona kekuningan juga berhubungan dengan infeksi jamur.
Kuku yang memerah. Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan mengembang, hal ini biasanya akibat radang lipatan kuku. Kemungkinan hal ini merupakan akibat penyakit lupus atau kelainan jaringan yang lain.
Kuku dengan garis hitam di tengahnya. Garis hitam di tengah di bawah kuku perlu diperiksa secepat mungkin. Kadang-kadang kondisi ini disebabkan melanoma, jenis kanker kulit paling berbahaya.
Kuku yang tergerogoti. Biasanya akibat menggigiti kuku. Kebiasaan menggigit kuku sendiri merupakan tanda kegelisahan, dan sering dikaitkan dengan kelainan obsessive-compulsive. Jika Anda tak bisa berhenti menggigiti kuku, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.
Meskipun perubahan kuku menunjukkan berbagai kondisi, perubahan ini jarang merupakan gejala awal. Ketidaknormalan kuku lainnya juga seringkali tidak berbahaya, tidak semua orang dengan kuku yang pucat mengalami hepatitis. Jika Anda ingin memeriksakan kondisi kuku yang terlihat tidak normal, Anda bisa menemui ahli dermatologi.

Kuku senduk: Kuku yang terlalu tipis dan sisi-sisinya melengkung seperti sendok (koilonychia) menandakan pemiliknya mengidap anemia dan kekurangan zat besi.
Kuku seperti amplas. Bila kuku kasar seperti amplas (pitting), kemungkinan ada eksem dan psoriasis (gangguan pada kulit yang mengakibatkan gatal dan luka). Psoriasis bisa membuat kuku terangkat dan mudah terlepas.
Kuku bergaris horisontal. Jika kuku terbelah garis horisontal, tanda Anda mengalami penyakit serius yang memerlukan operasi besar. Hal ini terjadi karena pertumbuhan di sekitar kutikula terganggu oleh penyakit.
Kuku kuning. Kalau kuku Anda berwarna kuning atau hijau (bukan karena pewarna), serta pertumbuhannya lambat, mungkin saja pernapasan Anda mengalami gangguan, bronkitis kronis, misalnya.
Kuku cekung. Kuku yang cekung dan ujung-ujungnya tenggelam (clubbing) menandakan penyakit paru-paru, jantung, atau gejala kanker paru-paru.


Deteksi Penyakit Dengan Melihat Kuku

Teknik mendiagnosis penyakit kini semakin beragam. Deteksi penyakit anda dengan melihat kejanggalan kuku ini juga sebetulnya cara lama. Selain lewat pemeriksaan darah, feses, dan air seni, penyakit juga dapat dideteksi lewat mata, lidah, bahkan kuku. Penafsiran penyakit lewat kuku ini sebenarnya sudah dialakukan orang sejak zaman Hippocrates.
Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur .
Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai
tumbuh keluar dari ujung jari. Kulit pada pangkal kuku berfunsi melindungi dari kotoran.
Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh.
Berikut beberapa kejanggalan kuku yang dapat membantu dokter mendiagnosa suatu penyakit:
1. Warna biru pada pangkal kuku menandakan kurang baiknya sirkulasi darah dan merupakan gejala penyakit jantung.
2. Bila separuh bagian dekat ujung kuku berwarna merah muda atau coklat sementara kulit ari berwarna putih itu merupakan gejala penyakit gagal ginjal kronis.
3. Bila timbul kerutan horizontal dan kuku tampak kusam, itu menandakan kurang gizi atau gejala suatu penyakit seperti campak, cacar air, gondok, jantung serta kondisi seperti syndrome Reynaud (kejang pada urat jari tangan dan kaki akibat sangat kedinginan).
4. Lapisan merah membujur pada kuku, menandakan pendarahan pada pembuluh kapiler. Garis-garis ganda merupakan gejala penyakit darah tinggi.
5. Bila pertumbuhan kuku tampak lambat, tebal dan mengeras serta kekuning-kuningan, menandakan gangguan getah bening atau penyakit pencernaan kronis.
6. Timbulnya bintik-bintik tak beraturan pada kuku, menandakan adanya penyakit psoriasis (penyakit kulit kronis).
7. Dan bila lengkungan berlebihan pada pangkal kuku dan sekitar ujung kuku, itu menandakan gejala penyakit TBC, emfisema (gangguan pada paru-paru), penyakit kardiovaskuler atau penyakit hati.

Diagnosa Penyakit Dari Kuku
Beberapa penyakit dan akibat sampingan obat dapat dapat dillihat Dari kuku.Hal itu dapat memudahkan dokter dalam menentukan jenis penyakit dan memberikan pengobatan.

Ujung jari yang menggemuk dan kuku yang melengkung menunjukkan kelainan pada jantung dan paru-paru, juga penciutan hati.Kuku yang membengkok seperti cakar menunjukkan adanya penyakit akibat jamur.Bentuk kuku yang seperti sendok bisa saja karena bawaan, tapi juga karena produksi adrenalin atau produksi tyroid yang berlebihan, atau kekurangan zat besi.Kuku yang lepas menandakan adanya penyakit gula. Cekungan dengan pinggir yang tajam pada permukaan kuku ada hubungannya dengan penyakit kulit psioriasis.Kuku yang berwarna kuning menandakan adanya ketidak beresan pada paru-paru, Dan pembengkakan limpa atau bagian tubuh yang lain.

Selain penyakit, obat juga dapat menyebabkan perubahan pada kuku. Misalnya terlalu banyak menelan arsinekum dapat menyebabkan kulit di bawah berwarna coklat hingga hitam kebiruan. Kuku> dapat berwarna agak kebiruan akibat endapan perak yang terkumpul di pangkal kuku. Obat anti malaria yang mengandung clhoroquin mengakibatkan kuku berwarna abu-abu kebiruan.Kuku yang berkerut , patah dan mudah terkelupas bisa disebabkan oleh zytostatika yang digunakan untuk pengobatan kanker.

Penyakit kuku

Onychia tanpa Granuloma
Penyakit kuku berbeda dari penyakit kulit. Meskipun kuku adalah kulit tambahan, mereka memiliki tanda-tanda dan gejala yang mungkin berhubungan dengan kondisi medis lainnya. Paku kondisi yang menunjukkan tanda-tanda infeksi atau peradangan memerlukan bantuan medis dan tidak dapat dirawat di salon kecantikan. Perubahan bentuk atau penyakit dari kuku dapat disebut sebagai onychosis.
• Onychia adalah suatu peradangan dari matriks (sekitar jaringan) dari kuku dengan pembentukan nanah dan mencurahkan kuku. Onychia hasil dari pengenalan mikroskopis patogen melalui luka kecil.
• Onychocryptosis, biasa dikenal sebagai "paku tumbuh ke dalam" (unguis incarnatus), dapat mempengaruhi baik jari atau jari-jari kaki. Dalam kondisi ini, memotong kuku ke dalam salah satu atau kedua sisi kuku, menyebabkan inflamasi dan kemungkinan infeksi. Kelangkaan relatif kondisi ini di jari menunjukkan bahwa tekanan dari tanah atau sepatu terhadap kaki adalah faktor utama. Gerakan yang terlibat dalam berjalan atau gangguan fisik lainnya dapat memberikan kontribusi terhadap masalah.Ringan onychocryptosis, terutama dalam ketiadaan infeksi, dapat dirawat dengan memotong dan pembulatan kuku. Kasus-kasus yang lebih maju, yang biasanya mencakup infeksi, diperlakukan dengan pembedahan excising yang tumbuh kuku bagian bawah untuk yang kurus asal-usul dan termal, atau kimiawi cauterizing matriks, atau 'root', untuk mencegah terulangnya. This surgery is called matrixectomy . Operasi ini disebut matrixectomy. Hasil terbaik dicapai oleh cauterizing matriks dengan Lain yang lebih kurang efektif, pengobatan adalah eksisi dari matriks, kadang-kadang disebut 'prosedur baja dingin'.
• Onychodystrophy adalah deformasi dari paku yang dapat hasil dari kanker kemoterapi yang meliputi bleomycin, hidroksiurea, atau 5-fluorourasil. It can include discoloration of the nail, or dyschromia . Ini dapat termasuk perubahan warna kuku, atau dyschromia.
• Onychogryposis, juga disebut "paku ram's-tanduk", adalah penebalan dan peningkatan lengkungan kuku. Biasanya merupakan hasil dari cedera pada matriks. Mungkin sebagian keturunan dan dapat juga terjadi sebagai akibat dari kelalaian jangka panjangHal ini paling sering terlihat dalam besar kaki tetapi dapat dilihat pada jari kaki lain serta kuku. Sebuah paku yang terkena dampak memiliki banyak alur dan punggung, adalah warna kecoklatan, dan tumbuh lebih cepat di satu sisi dari pada yang lainKuku melengkung yang tebal sulit untuk dipotong, dan sering tetap untrimmed, memperburuk masalah.

Onychomycosis di setiap kuku kaki yang tepat.
• Onycholysis adalah melonggarnya bagian yang terbuka kuku dari dasar kuku, biasanya dimulai pada tepi bebas dan berlanjut ke lunula. Hal ini sering dikaitkan dengan gangguan internal, trauma, infeksi, paku jamur, alergi untuk kuku produk perangkat tambahan, atau efek samping obat-obatan.
• Onychomadesis adalah pemisahan dan jatuh dari sebuah kuku dari dasar kuku. Terlokalisasi Penyebab umum termasuk infeksi, minor cedera pada matriks tempat tidur, atau berat penyakit sistemik. Kadang-kadang efek samping dari kemoterapi atau x-ray pengobatan untuk kanker. Lempeng kuku baru akan terbentuk setelah penyebab penyakit ini dihapus.
• Onychomycosis, juga dikenal sebagai tinea unguium, adalah menular infeksi kuku yang sama yang disebabkan oleh organisme jamur yang menyebabkan kurap pada kulit (Trichophyton rubrum atau T. mentagrophytes, jarang lain trichophyton spesies atau Epidermophyton floccosum. Ini dapat mengakibatkan perubahan warna, menebal, chalkiness, atau hancur dari paku dan sering dianggap oleh obat-obatan oral yang kuat, jarang, dapat menyebabkan efek samping berat termasuk gagal hati. Ringan onychomycosis kadang menanggapi kombinasi topikal antijamur obat, kadang-kadang digunakan sebagai khusus jamu kuku pernis, dan pengajuan berkala dari permukaan kuku. Untuk maju onychomycosis, terutama jika lebih dari satu kuku yang terinfeksi, sistemik obat-obatan (pil) lebih disukai. Home remedies sering digunakan, meskipun efektivitas mereka masih diperdebatkan. Dalam sebuah penelitian di Universitas Rochester minyak pohon teh dua kali sehari diterapkan dalam hubungannya dengan debridement ternyata awal menjadi strategi pengobatan yang tepat, sama-sama efektif untuk penggunaan topikal clotrimazole

Subungual hematom (ringan)
• Onychophosis adalah pertumbuhan horny epitel di kuku.
• Onychoptosis adalah penumpahan periodik satu atau lebih kuku, secara keseluruhan atau sebagianKondisi ini dapat mengikuti penyakit tertentu seperti sifilis, atau dapat disebabkan oleh demam, trauma, sistemik mengganggu atau reaksi negatif untuk obat.
• Paronychia adalah bakteri atau jamur infeksi di mana kuku dan kulit bertemu.
• Koilonychia adalah ketika kurva paku ke atas (menjadi sendok berbentuk) disebabkan oleh kekurangan zat besi. Proses normal perubahan adalah: rapuh kuku, lurus paku, kuku berbentuk sendok.
• Subungual hematom terjadi ketika trauma hasil paku dalam kumpulan darah atau hematom, di bawah kukuMungkin akibat dari cedera akut atau dari kecil berulang trauma seperti berjalan di berukuran sepatu. Akut subungual hematoma sangat menyakitkan, dan biasanya diperlakukan oleh melepaskan darah dengan membuat lubang kecil di kuku. Bor dan termal kauterisasi (peleburan) adalah metode umum untuk membuat lubang. Thermal kauterisasi tidak digunakan pada kuku acrylic karena mereka mudah terbakar.
• Onychomatricoma Onychomatricoma
• Nail Pemphigus Nail Pemphigus
• Erythronychia Erythronychia
• Melanonychia Melanonychia

Bentuk dan tekstur
• Clubbing, atau kuku yang kurva di sekitar ujung jari dengan tonjolan nailbeds yang berhubungan dengan kekurangan oksigen dan paru-paru, jantung, atau penyakit hati.
• Menyendok, atau kuku yang tumbuh ke atas berhubungan dengan besi atau B12.
• Pitting dari kuku dikaitkan dengan Psoriasis.
• Pegunungan di kuku menunjukkan stres.
• Garis Beau adalah pegunungan di kuku
• Pegunungan sepanjang kuku berkaitan dengan arthritis.
• Sepanjang alur kuku dihubungkan dengan kelainan ginjal, penuaan, dan kekurangan zat besi.
• Manik-manik dihubungkan dengan rheumatoid arthritis.
• Paku yang dipalu kuningan menyerupai berkaitan dengan (atau meramalkan) rambut rontok.
• Pendek tempat tidur kecil berhubungan dengan penyakit jantung.

perubahan warna seluruh kuku
• Kepucatan atau pemutih berhubungan dengan hati atau penyakit ginjal atau anemia.
• Menguning dari kuku dihubungkan dengan bronkitis kronis, masalah limfatik, diabetes, dan gangguan hati.
• Cokelat atau kuku tembaga tempat tidur yang berhubungan dengan arsenik atau keracunan tembaga, dan infeksi jamur lokal.
• Grey kuku tempat tidur yang berhubungan dengan radang sendi, edema, kekurangan gizi, pasca-operasi efek, glaukoma dan cardio - paru penyakit.
• Tempat tidur paku biru (biru mirip kulit) yang terkait dengan miskin oksigenasi dari darah (asma, emfisema, dll).
• Kemerahan dikaitkan dengan kondisi jantung.

Perubahan dalam lunulae
• Lunulae biru dihubungkan dengan perak keracunan atau gangguan paru-paru.
• Surut lunulae (kurang dari 8) yang berhubungan dengan sirkulasi yang buruk, Pernapasan dangkal kebiasaan atau tiroid mysfunction.
• Lunulae besar (lebih dari 25% dari kuku ibu jari) yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Lain perubahan warna dan tanda-tanda
• Melanonychia (longitudinal melesat yang menggelapkan atau tidak tumbuh keluar), terutama pada ibu jari atau jempol kaki, mungkin menunjukkan subungual melanoma.
• Garis putih di kuku (leukonychia striata, atau melintang leukonychia) dapat Mees 'garis atau Muehrcke's baris.
• Bercak putih kecil dikenal sebagai leukonychia punctata.
• Terry kuku yang buram kuku putih dengan pita hitam di ujung jari, dan berkaitan dengan kanker, sirosis, gagal jantung kongestif, diabetes dan penuaan.
• Gelap kuku berhubungan dengan B12.
• Merah kulit pada pangkal kuku dikaitkan dengan gangguan jaringan ikat.
• Noda dari lempeng kuku (bukan kuku) yang terkait dengan cat kuku, Merokok, dan henna digunakan.

1 komentar:

  1. apakah ada rekomendasi dokter spesialis penyakit kuku?

    BalasHapus